Popular Post

Posted by : Unknown Senin, 08 April 2013

Baiklah untuk kali ini saya akan memposting tentang bagaimana cara untuk ber-cosplay, mungkin kelihatannya ber-cosplay itu mudah, hanya tinggal memakai kostum dari salah satu chara anime, pakai wig, jadi deh. Eits tunggu dulu, ber-cosplay tidak semudah yang kita bayangkan seperti hal yang saya sebutkan diatas, kita harus benar-benar mengetahui beberapa point penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan cosplay. Dan berikut saya berikan beberapa tips untuk ber-cosplay yang baik :

Salah satu aksi cosplayer kota Malang
 1. Pilih Chara yang ingin kalian Cosplay
Yang perlu kita perhatikan adalah akan kita gunakan untuk apa kostum tersebut, untuk sekedar jalan-jalan, untuk pemotretan, atau unuk mengikuti acara. Jika ini adalah cosplay pertama kalian maka saya menyarankan untuk memilih karakter dengan cosplay yang simple. Hal ini bertujuan selain agar biaya yang kalian keluarkan tidak begitu banyak, juga untuk mengindari sorotan mata orang-orang yang melihat jika memang kostum tersebut kebetulan kurang pantas untuk kita.

2. Bagaimana kalian mendapatkan kostum tersebut
Hal ini juga termasuk budget kalian, bagaimanapun juga suatu kostum yang bagus pasti membutuhkan budget yang besar pula, maka dari itu kalian harus benar-benar memperhatikan hal ini. Lalu jika kalian sedang terburu-buru karena akan mengikuti event, maka penjahit bukanlah ide yang bagus. Banyak dari teman-teman komunitas saya dulu sering kali harus batal ikut berpartisipasi dalam event karena kostum mereka belum jadi. Maka dari itujika kalian memang sedang terburu-buru maka saya sarankan jangan menggunakan jasa penjahit, lebih baik kalian langsung membeli kostum yang sudah jadi. PO(pre order) bukanlah ide yang buruk, untuk pengiriman PO biasanya cukup memakan waktu paling lama 1-2 minggu setelah pemesanan. Selain itu juga perhatikan juga soal untuk tatanan rambut, apakah kita menggunakan wig atau tanpa wig, menggunakan wig tidak akan memakan waktu lama, namun jika kita tidak menggunakan wig maka siapkan semua bahan yang diperlukan misalnya gelrambut, cat rambut,dll sejak awal agar kalian tidak bingung ketika hari H.

3. Jika kalian membuat semua kostum sendiri
Jika memang demikian, maka saya menyarankan agar kalian membuat sebuah list tentang barang-barang yang dibutuhkan terlebih dahulu, seperti jika chara yang ingin kalian cosplay menggunakan jaket, maka perhatikan jugawarna dari jaket tersebut dan bahan dari jaket tersebut. Bahkan perhatikan juga aksesoris yang sekecil apapun, semakin detail kostum kalian maka semakin bagus pula hasil-nya, namun semakin detail suatu kostum makauang yang harus kalian keluarkan juga lebih banyak dan proses-nya juga akan memakan waktu yang lebih lama, maka perhatikan hal ini baik-baik.

4. Pelajari karakter yang ingin kalian Cosplay
Pelajari setiap detil dari karakter yang ingin kalian cosplay, seperti kostum, gaya rambut, warna mata, bahkan bentuk wajah. Jika gaya rambut dari karakter yang ingin kalian cosplay tidak dapat kalain tiru dengan rambut asli kalian, maka gunakan wig, jika warna mata berbeda dengan warna mata original kalian maka gunakan softlens, dan jika bentuk wajah kalian tidak cocok dengan bentuk wajah karakter tersebut maka gunakan make-up agarbentuk wajah kalian sedikit lebih cocok dengan sang karakter, dalam hal ini make-up dapat berperan sangat penting dalam memiripkan wajah apalagi jika teman yang me-make-up kalian pandai dan berpengalaman. Selain jika kalian cosplay hanya untuk sekedar bersenang-senang atau untuk pemotretan, maka tiap angle yang diambil ketika mengambil gambar juga akan sangat berpengaruh, maka pelajari juga angle yang baik dan cocok untuk kalian, sehingga tingkat kemiripan dengan sang chara semakin besar.

5. Latihan
Latihan yang saya maksudkan disini adalah, latihan make-up jika kalian ber-cosplay sendiri, jika kalian bersama teman-teman komunitas kalian maka kalian dapat meminta salah seorang teman yang pandai make-up. Lalu latihan bagaimana membetulkan wig/gaya rambut jika rusak, berlatih memasang softlens sendiri jika sewaktu-waktu softlens yang kalian gunakan miring atau lepas.

6. Coba
Jika semua persiapan telah selesai, maka silakan kalian coba kenakan cosplay tersebut dan lihat dikaca apakah masih ada yang kurang atau tidak. Dan berapa tingkat kemiripan kalian dengan sang chara.

7. Pose 
Jika kalian sempat, cobalah untuk berlatih beberapa pose yang sering chara tersebut lakukan, hal ini juga dapat membantu kalian untuk berpose ketika ada seseorang yang meminta foto dengan kalian. Kemudian berlatihbagaimana cara sang cara berjalan dan bergerak, usahakan semirip mungkin untuk semakin menambah tingkat persen kemiripan kalian dengan chara yang kalian cosplay.

8. PD
Ketika kalian mengenakan kostum tersebut usahakan untuk se-PD mungkin (tapi bukan ke-PD-an :p), dan nikmati kesenangan selama kalian mengenakan kostum tersebut. Semakin kalian senang dan enjoy, maka akan semakin PD pula kalian menggunakan kostum tersebut. Jika kalian tidak merasa senang dengan chara yang kalian cosplay, maka kesimpulannya adalah kalian salah memilih chara untuk Cosplay :p.


 

 TIPS Tambahan :

- Pilih Chara yang memang benar-benar kalian sukai, kalian tidak mau menyesal atas pilihan yang kalian ambil ketika proses pembuatan atau setelah jadi kan?

- Jika kalian menggunakan wig, maka pastikan bahwa wig tersebut menempel dengan aman, kalian tidak ingin kalau wig itu terlepas atau miring ketika kalian sedang ditengah-tengah pertunjukan kan?

- Kalian tidak perlu khawatir jika kalian tidak merasa mirip dengan chara yang kalian cosplay, pada dasarnya untuk ber-cosplay kita tidak butuh terlalu sempurna, namun tampil dengan sebaik-baiknya.

- Jika banyak orang yang menertawakan kalian karena kostum yang kalian kenakan kurang cocok maka jangan hiraukan, bukankah kalian telah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat kostum tersebut kan? dan bukankah kalian juga telah menghabiskan banyak uang untuk membuat-nya kan? kalian pantas bangga akan hal tersebut, jangan malu atau minder.

- Ketika cosplay usahakan jangan ketika kalian dalam keadaan lelah, banyak cosplayer terutama yang baru pertama kali cosplay, mereka akan susah tidur ketika malam karena segera ingin mencoba kostum tersebut, deg-deg-an, dll. Jangan terlalu memikirkan soal hal itu, istirahatlah yang cukup ketika malam hari agar ketika cosplay besok kalian dalam keadaan terbaik kalian.

- Ingat! ketika kalian ber-cosplay maka akan banyak orang yang ingin berfoto dengan kalian walaupun kalian tidak begitu mirip dengan sang chara, namun jika kalian memang kebetulan pemalu, maka kalian dapat menggunakan properti / atribut dari karakter yang kalian cosplay, misalnya jika kostum kalian dilengkapi dengan topeng, maka kalian dapat menggunakan topeng tersebut untuk menutupi wajah kalian. Jadi bersiap-siaplah untuk menjadi pusat perhatian, selain itu kalian juga bisa menutupi rasa malu kalian dengan gaya/pose yang sekiranya menurut kaliandapat mengurangi rasa malu kalian, misalnya bisa dengan pose dengan teman, atau yang lainnya.

- Perhatikan tingkat detail dari kostum yang akan kalian buat dan budget yang harus kalian keluarkan untuk hal itu, seperti yang saya sebutkan diatas, semakin detail suatu kostum maka semakin besar pula budget yang harus kalian keluarkan, Ingat! tingkat kemiripan suatu kostum dengan chara akan menjadi penilaian bagi para fans chara tersebut.


- Pelajari tentang karakter yang kalian cosplay sedetail mungkin, kalau perlu hingga tanggal lahir sampai tinggi badan sang chara tersbut, kalian tidak ingin jika ada orang yang bertanya kepada kalian tentang chara yang kalian cosplay tapi kalian tidak tahu apa-apa dari chara tersebut selain nama dan dari anime apa kan?

sumber: 
http://bakaotakunoto.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Zedz - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -